Suara Tidak Keluar di Browser



Hallo teman semua, malam ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman mengenai suara yang tidak keluar di browser Mozilla, Google Chrome, dan browser lainnya.


Apabila anda merasa suara di komputer anda tidak ada masalah ketika menjalankan player mp3 seperti winamp dan yang lainnya, akan tetapi ketika anda mencoba membuka youtube atau audio video streaming lainnya terus tidak keluar suara sedikitpun, pasti menyangka ada masalah di browser tersebut.

Lihat : Cara Mengatasi Suara Winamp Tidak Keluar dan Penyebab Suara Streaming Tidak Keluar.

Apabila anda merasa punya persepsi seperti itu, silakan update browser anda dengan versi terbaru termasuk plugins yang mensupport browser itu sendiri, terutama Flash Player untuk menjalankan audio video streaming, atau WMP plugins yang support terhadap streaming movie.

Kalau merasa hal diatas sudah anda lakukan, dan semua sudah terupdate dengan baik, tapi suara di browser tetap tidak keluar. Alternatif terakhir yang saya lakukan yaitu;

  1. Uninstall driver audio
  2. Masuk ke device manager, pilih bagian sound, video and game controller
  3. Pilih driver audio yang sudah terinstall disana, sesuaikan dengan driver audio masing-masing
  4. Klik kanan driver audio tersebut, kemudian pilih uninstall.
  5. Lakukan  "scan for hadware changes"
  6. Biarkan driver audio terinstall dengan sendirinya, dan tunggu beberapa saat.
  7. Setelah selesai, silakan coba buka browser anda dan suara tersebut sudah kembali menyala di browser yang anda gunakan.
Catatan: Selama proses uninstall driver audio, tutup semua browser yang sedang dibuka.

Jika ternyata harus update driver audio, kalo pakai realtek hd audio silakan download realtek high definition audio windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10.

Mungkin itu pengalaman yang saya alami malam hari ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah seperti diatas.

Update:

Bagi yang masih kesulitan, bisa simak video tutorial lewat youtube dibawah ini.


Terima Kasih Sudah Membaca Suara Tidak Keluar di Browser

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Admin Bagi Info
Bagi Info Updated at: 20.18

13 komentar:

  1. om, saya mengalami percis seperti itu, mohon penjelasannya yg agak detail...maaf saya masih awam. terima kasih sebelumnya, saya pake win7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan kejadiannya di Windows XP SP3 gan...
      Win 7 belum coba...
      Tapi kenapa ngga, siapa tau cara diatas bisa berlaku di Win 7 juga.

      Singkatnya,

      1. Close semua aplikasi, terutama browser
      2. Masuk ke Device Manager
      3. Uninstall Sound Card Driver (Restart Jika diminta)
      4. (Masih di Device Manager) Scan For New Hardware
      5. Tunggu beberapa saat selama penginstallan Driver berlangsung

      Jika tahap diatas udah slesai, silakan coba lagi buka browsernya.

      Hapus
  2. gila ,thanks banget infonya...keren langsung work..thanks gan..

    BalasHapus
  3. permisi saya mw bertanya, baru2 ini saya kena masalah spt yg diatas tp blm teratasi, bsa minta bantuan ny tidak?? penjelasan diatas saya msh belum mudeng, jd bgni mssalah ny, stlh saya install itunes kok suara lwt browser trus buka youtube suara ny jd ga keluar pdhl pas saya coba buka winamp suara ny keluar, saya bingung dehh, dari cara nomor 3 dst, gmn yaa cara ny?? msh bingung, bagaimana menginstall ny pdhl driver ny ga ada??

    mohon pencerahan ny donk..,
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, baru saya balas..

      Udah coba upgrade Flash Player belum?

      Kalo udah coba di upgrade, agan bisa coba lakukan tahapan2 diatas, dengan syarat close dl semua aplikasi yg berjalan, terutama browsernya.

      Semoga membantu.

      Hapus
  4. gan mau tanya, ada alternatif lain tdk selain cara diatas. baru2 ini saya sering dengerin i-tunes , wkt mau streaming di browser malah tdk keluar suara, udh pake cara yg diatas, tp tetap sja tidak bisa.

    BalasHapus
  5. sama nih gan, ane kasus nya sama persis. tapi di komputer ane gak ada aplikasi winamp atau bpm store atau flash player. mohon penjelasannya gan. tenggs

    BalasHapus
  6. saya juga mengalami masalah yang sama persis kayak diatas,,tpi yg saya bingungkan cara uninstal ny bagaimana ya mas ?

    BalasHapus
  7. makasih gan infonya kasus ane beres berkat infonya mantappp....

    BalasHapus
  8. Gan permasalah saya beda untuk browser memang ga bisa keluar suara seperti youtube dll tetapi untuk bermain game / menonton film yg sudah di download keluar suara nya gmn solusi nya gan ??

    BalasHapus
  9. makasih banyak gan, work..... mantap

    BalasHapus
  10. gila gan aku da nyari sana sini hampir setengah hari nyarinya rupanya cara nya simple banget, sumpeh gan mantap banget



    '@@

    BalasHapus