5 Kebiasaan Turunkan Kualitas Tidur



Tidur merupakan kebutuhan alami setiap mahluk hidup, tak terkecuali manusia. Waktu tidur yang ideal untuk mengembalikan kebugaran tubuh adalah delapan jam setiap hari.
Namun, tanpa disadari saat akan mengistirahatkan tubuh, ada aktivitas yang ternyata menganggu kenyamanan tidur. Dilansir dari Allure, ada beberapa hal buruk yang harus Anda hindari sebelum beranjak tidur, yaitu:


1. Berbicara di telepon
Pada beberapa orang akan melakukan hal ini kepada pasangannya dan tak jarang mereka menjadikannya sebagai rutinitas sebelum tidurnya. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mereka yang berbicara di telpon dalam waktu lama sebelum tidur, secara tidak langsung mereka juga akan kekurangan waktu tidurnya dan menyebabkan tidur tidak nyenyak.

2. Membiarkan lampu menyala
Anda adalah seorang yang tidak dapat tidur jika lampu dipadamkan? Jumlah cahaya dalam ruangan ternyata dapat menjadi gangguan serius, terutama tingkat hormon melatonin. Ini adalah hormon yang menyebabkan kantuk dengan cara menurunkan sedikit suhu tubuh.
Adanya hormon tersebut, dapat membuat proses tidur seseorang menjadi lebih cepat. Sebelum Thomas Edison menciptakan lampu pada tahun 1879, rata-rata orang tidur sepuluh jam semalam.

3. Merokok
Jika Anda adalah seorang perokok, hindari merokok sebelum hidur karena dapat mengganggu tidur Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa merokok dapat merangsang aktivitas gelombang otak dengan tingkat lebih tinggi dari pada orang yang tidak merokok.
Para perokok juga sering terbangun lebih sering di tengah malam. Paling tidak, batas akhir Anda merokok adalah empat jam sebelum Anda menyentuh bantal.

4. Pakaian terlalu ketat
Ini adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Sebuah studi menemukan bahwa tidur dengan pakaian ketat akan mengganggu mengurangi produksi hormon melatonin dalam meningkatkan suhu tubuh.

5. Tidak menyikat gigi
Sejak kecil ini salah satu hal baik yang diajarkan orang tua kepada kita. Mulai hari ini, biasakan diri untuk membersihkan gigi Anda. Ini agar tidak terjadi penumpukan bakteri serius dalam mulut Anda yang menyebabkan gigi berlubang, adanya kerusakan gigi, dan bau mulut.




Source: Viva News

Terima Kasih Sudah Membaca 5 Kebiasaan Turunkan Kualitas Tidur

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Admin Bagi Info
Bagi Info Updated at: 18.48

0 komentar:

Posting Komentar